Wednesday 24 April 2013

Positive Thinking Untuk Memotivasi Diri

Positive Thinking itu sangat penting untuk memotivasi diri kita untuk menjadi lebih baik. Pernahkah anda mengalami pada saat bangun tidur di pagi hari badan anda merasa lelah, lesu, kurang bersemangat dan malas menjalani hidup seperti tidak ada motivasi hidup ? Seperti kita tahu bahwa perjalanan hidup tidak selalu seperti yang kita inginkan, berbagai cobaan datang silih berganti membuat kita menjadi lelah dan tidak bersemangat dalam meraih tujuan hidup.

Pikiran positif akan memberikan motivasi kepada diri kita sendiri agar menjadi lebih baik lagi. Semangat yang memudar akan kembali berapi-api lagi. cahaya yang nampak buram diujung sana menampakan pendarnya dan muncul sedikit petunjuk untuk solusi kehidupan yang berat yang sedang dihadapi. Saat itulah motivasi diri kembali bangkit dan memacu diri untuk sesuatu yang berguna.

Melakukan aktifitas yang baik itu berguna bagi diri kita sendiri, lingkungan dan keluarga. Namun adakalanya tidak semua orang bisa mengatasi persoalan dengan pikiran terbuka. Memendam persoalan dalam hati menyebabakan hilangnya motivasi dalam hidup. Seberat apapun masalahnya
jika kita mau membuka diri dan melapangkan dada untuk menerima segala masukan yang berguna , tentunya motivasi hidup kita tidak akan tenggelam.

"Berpikir Positif Dapat Menambah Motivasi Hidup Kita"

Berpikir positif saat berhadapan dengan suatu hal yang berada jauh di luar harapan kita tidak mudah. Manusia cenderung keras kepala dan tidak mau menunggu. Bagaimana caranya agar kita bisa terus berpikir positif? Siapa pun tidak ingin hidup tanpa motivasi karena motivasi hidup akan membuat langkah perjalanan kita semakin ringan dan bergairah.

Kesadaran diri adalah salah satu elemen yang membangun positive thinking karena sadar diri merupakan langkah penting dari berbagai bentuk pengembangan diri. Kita harus menyadari kemampuan diri sendiri dan hal yang ada di sekitar sebelum memahami makna yang terkandung di dalamnya dan belajar untuk berubah dan berkembang.

Dengan menyadari diri sendiri inilah kita memiliki motivasi hidup yang tinggi. Tapi cara berpikir kita tidak akan berubah jika kita tidak menyadari pikiran yang muncul pertama kali. Sekali-kali luangkan waktu untuk sekadar merenung dan menyusuri perasaan kita dengan hati-hati, satu hari saja.

Dengarkan dirimu sendiri selama momen itu dan setelah selesai kita mungkin akan terkejut ternyata kita tidak begitu menyadari diri sendiri sepanjang hari itu. Kita akan menemukan beberapa penyataan negatif yang muncul dan tanpa disadari disetujui oleh diri kita.

Dengarkan pikiran-pikiran negatif itu, awasi tindakan negatif yang mungkin bisa kita lakukan dan perhatikan dengan baik perasaan negatif yang bisa muncul. Semua hal ini, baik atmorfir negatif ataupun positif akan mempengaruhi motivasi hidup kita.

Terlalu banyak pikiran negatif tanpa kita sadari akan memangkas sedikit demi sedikit motivasi hidup yang kita miliki. Apa sebenarnya motivasi hidup kita? Cinta, keluarga, orang yang disayangi, cita-cita, mimpi dan semua harapan akan kebaikan.

Untuk meningkatkan kualitas motivasi hidup kita, bisa dimulai dengan membuat pernyataan baru di dalam pikiran kita. Misalnya, jika terbiasa mengucapkan, "aku sudah punya pekerjaan", cobalah diganti dengan, "aku akan sangat bahagia jika bisa menemukan karir baru yang menjanjikan."

Dengan begitu, kita akan semakin semangat mengembangkan diri dan memperbaiki segala kekurangan yang ada di dalam diri. Motivasi hidup akan semakin menggelora karena kita memiliki suatu tujuan hidup.

"Tanggung Jawab dan Motivasi Hidup"

Hal lain yang menjadi elemen penting dalam motivasi hidup adalah tanggung jawab. Memiliki rasa tanggung jawab sangat penting bagi pengembangan diri. Jika manusia tidak memiliki tanggung jawab, maka dalam kesehariannya dia akan bertindak semaunya tanpa memikirkan orang lain juga lingkungan. Motivasi hidup yang dia miliki hanya untuk dirinya sendiri.

Manusia hidup tidak sendirian. Kita memiliki orang terkasih, keluarga, teman, sahabat, kolega dan rekan kerja yang selalu hadir dalam lingkaran kehidupan. Salah satu hal negatif yang sering mampir dalam pikiran kita adalah menyalahkan orang lain. Setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing atas sesuatu. Tapi seringkali di saat tugas yang seharusnya diselesaikan oleh kita tidak beres kemudian terjadi banyak gangguan dan hambatan, kita kadang menyalahkan orang lain atas situasi yang tidak menyenangkan itu.

Sikap menyelahkan ini dipacu oleh ego dalam diri. Pemikiran negatif seperti ini tidak bisa menambah motivasi hidup, malah akan mengikisnya perlahan tanpa kita sadari. Dengan memegang tanggung jawab atas tindak tanduk kita, pemikiran dan emosi, kita akan bisa mengendalikan dan mengubah diri sendiri. Maka dari itu kita haru bertanggung jawab pada diri sendiri dan mendapat hasilnya, yaitu memegang kendali diri dengan baik. Pribadi yang memiliki kendali baik memiliki semangat dan motivasi hidup tinggi.

Setiap langkah yang kita laksanakan dalam mengembangkan diri sendiri sama pentingnya dengan calon langkah yang akan dilakukan selanjutnya. Namun tanpa kesadaran diri dan keikhlasan, harapan untuk perubahan terhitung kecil. Langkah-langkah inilah yang nantinya akan mengiringi kita melakukan perjalanan dengan motivasi hidup yang tinggi dan kuat.

Salah satu contoh mereka yang memiliki motivasi hidup tinggi adalah, ketika seseorang divonis koma secara medis, maka mereka hanya memiliki sekian persen kesempatan untuk hidup kembali. Hanya sedikit kemungkinan bagi pasien koma untuk bisa kembali membuka mata dan menatap dunia.

Tetapi, mereka yang memiliki motivasi hidup tinggi dan didampingi oleh semangat orang-orang tercinta, cenderung dapat kembali sembuh dan sehat. Keluarga dan orang-orang tercinta meniupkan semangat dan kasih sayang melalui bisikan yang diserukan ke telinga pasien dengan harapan mereka akan mendengarnya. Percaya atau tidak, peristiwa seperti ini sering terjadi.

Salah satu faktor yang menyebabkan pasien koma kembali bangun adalah motivasi hidup dalam dirinya yang kuat. "Aku ingin sembuh, aku harus sehat, masih banyak yang bisa kulakukan di dunia ini dan menjadi manusia bermanfaat bagi sesama." Bagi manusia, motivasi hidup itu sangat penting karena dengan motivasi hidup itulah kita bisa terus hidup dan melakukan kebaikan.


1 comment:

  1. memang bener sob, berpikir positif itu memang sangat banyak manfaatnya

    salam kenal outbound di malang


    http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete